Rektor UNS Bangga Mahasiswanya Lebih Suka Lomba Dari Pada Demo

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Rektor UNS Bangga Mahasiswanya Lebih Suka Lomba Dari Pada Demo

Solo Daily
Senin, 30 September 2019
 Rektor UNS Bangga Mahasiswanya Lebih Suka Lomba Dari Pada Demo

SOLODAILY.ID ■ Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, mengungkapkan kebanggaan terhadap para mahasiswa yang akan mewakili UNS dalam kompetisi berbasis riset tingkat nasional.

Jamal Wiwoho juga menyebut, tim riset mahasiswa FT-UNS tersebut lebih suka ikut lomba dibanding ikut aksi unjuk rasa.

"Saya bangga sekali, karena sebagai mahasiswa kalian lebih suka ikut lomba dari pada ikut demo. Saya bukan berarti anti demo, tetapi menghargai sikap kalian memilih ikut lomba," katanya, Minggu (29/9/2019).

Untuk itu, Jamal Wiwoho menyatakan memberi dukungan besar kepada tim dan menitipkan nama UNS dengan memenangkan kedua lomba tersebut.

Seperti diketahui, TIM riset Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (FT-UNS) Solo, yang fokus melakukan riset wahana tanpa awak, khususnya pesawat dan kapal, yang tergabung dalam Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) akan mengikuti "Kontes Robot Terbang Indonesia" (KRTI) 2019 dan "Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional" (KKCTBN) 2019, dari 1 - 6 Oktober 2019.

Dalam kontes yang digelar di dua lokasi, tim UNS akan mengikuti kompetisi robot terbang di Landasan Udara TNI AL Grati, Pasuruan, Jawa Timur dan kompetisi kapal cepat tak berawak di Sengkaling, Malang, Jawa Timur.

General Manager tim Bengawan UV, Billy Yansa Latief Imamah, menyatakan dalam kedua kontes tersebut timnya menyiapkan wahana kategori Fixed Wings, Racing Plane, dan Vertical Take Off and Landing untuk KRTI, serta wahana kategori Autonomous Surface Vehicle, Electric Remote Control dan Fuel Engine Remote Control untuk KKCTBN 2019. Kontes Robot Terbang Indonesia 2019 ini merupakan tahun ketiga yang diikuti Tim Bengawan UV UNS.

"Pada tahun pertama, Tim Bengawan UV mendapat predikat pendatang baru terbaik kategori Fixed Wings. Di tahun kedua, Tim Bengawan UV mendapat predikat tim dengan progresivitas terbaik kategori Vertical Take Off and Landing. Sedangkan untuk Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional, tahun ini merupakan tahun kedua, setelah yang pertama kali Tim Bengawan UV menyabet juara 2 pada kategori Electric Remote Control," jelasnya.

Sebelum terjun ke kontes khusus bagi mahasiswa tingkat nasional tersebut, kedua wahana yang akan dilombakan diujicoba di halaman kantor pusat UNS depan Gedung dr. Prakosa dan di Danau UNS.

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Kuncoro dan Dekan FT-UNS, Dr. Sholihin As'ad, menyaksikan ujicoba tersebut.

Sumber: Galamedia