Hari Sumpah Pemuda, Gedung Rechtshoogeschool te Batavia dan Prabowo

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Hari Sumpah Pemuda, Gedung Rechtshoogeschool te Batavia dan Prabowo

Solo Daily
Senin, 28 Oktober 2019
Gedung Rechtshoogeschool te Batavia yang kini menjadi Gedung Utama Kementerian Pertahanan. (Wikimedia.org)
SOLODAILY.ID ■ Pada 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda dideklarasikan. Selain itu, lagu Indonesia Raya dikumandangkan untuk kali pertama di depan khalayak meski hanya menggunakan biola tanpa lirik.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-301—hari ke-302 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 28 Oktober.

Tahun 1924

Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Rechtshoogeschool te Batavia atau Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta. Perguruan tinggi tersebut lantas ditutup dan tak pernah lagi dibuka sejak Jakarta diduduki Jepang pada 1942. Kini, gedung Rechtshoogeschool te Batavia dimanfaatkan sebagai Gedung Utama Kementerian Pertahanan, atau tempat Kemenhan Prabowo bermarkas.

Tahun 1928

Pada hari ke-2 Kongres Pemuda II di Jakarta, tiga keputusan yang lantas dikenal dengan nama Sumpah Pemuda dideklarasikan.

Selain itu, untuk kali pertama, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan khalayak meski hanya menggunakan biola tanpa lirik. Kini, 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.