• Jelajahi

    Copyright © SoloDaily.Id - Spirit Perubahan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Loading...

    'Friendship Tournament' antara Indonesian Coast Guard dan Indian Coast Guard

    Solo Daily
    Rabu, 20 November 2019, 17.51.00 WIB Last Updated 2019-11-20T10:51:28Z

    SOLODAILY.ID ■ Selama kunjungannya ke Jakarta, delegasi Indian Coast Guard (ICG) khususnya kru kapal Shaurya yang sedang berlabuh di Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, melakukan olah raga dan pertandingan persahabatan bersama personel Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

    Personel Bakamla RI/IDNCG yang berdinas di Jakarta, bersama-sama menuju Lapangan Banteng dalam rangka memeriahkan rangkaian kunjungan persahabatan delegasi ICG.

    Kegiatan yang bertajuk 'Sports Day: Cultural Fun Games' ini diawali dengan senam aerobik bersama. Tidak hanya menikmati senam aerobik yang dipandu oleh instruktur dari Bakamla RI/IDNCG, namun personel ICG juga memperkenalkan senam aerobik a la India. Tak kalah seru, seluruh personel baik dari Bakamla RI/IDNCG maupun ICG mengikuti senam yang dipandu langsung oleh personel ICG dengan semangat. Terlebih lagi, musik India yang mengiringi senam aerobik cukup memanjakan telinga.

    Setelah senam aerobik, kegiatan dilanjutkan dengan lomba Bakiak. Bakamla RI/IDNCG mencoba memperkenalkan salah satu permainan tradisional Indonesia. Terdiri dari empat regu, tiap regu diikuti oleh perwakilan dari kedua instansi coast guard. Walaupun baru mengenal jenis permainan ini, para personel ICG dapat mengikuti ritme dan beberapa diantaranya dapat menjadi pemenang.

    Tak kalah seru, permainan selanjutnya adalah memasukkan paku ke dalam botol. Regu yang terdiri dari lima personel, berusaha memasukkan paku yang terikat dengan tali yang diikatkan ke pinggang pemain. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan kekompakkan tim. Tak ayal, para peserta berusaha untuk menjadi regu tercepat yang dapat memasukkan paku ke dalam botol.

    Pertandingan selanjutnya adalah bola voli. Masing-masing tim yang terdiri dari perwakilan kedua coast guard unjuk kebolehan dalam olah raga bola voli. Kedua coast guard terlihat cukup lihai memainkan jenis olah raga ini.

    Kegiatan diakhiri dengan pertukaran kenang-kenangan, baik dari Bakamla RI/IDNCG maupun dari ICG. Tidak dapat dipungkiri, kegiatan pertandingan persahabatan ini berhasil meningkatkan hubungan baik antar personel, dan juga antar instansi.

    Mengutip perkataan yang sering dilontarkan Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R., "pada dasarnya, kita menghadapi tantangan yang sama di laut". Dengan demikian, hubungan baik antar instansi coast guard negara tetangga perlu terus dipertahankan dan dipupuk. Karena kita bersama-sama berusaha menciptakan keadaan yang aman dan kondusif di laut kawasan.

    ■ R-01/bakamla


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini