• Jelajahi

    Copyright © SoloDaily.Id - Spirit Perubahan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Loading...

    Ternyata sereh dan Kulit Jeruk Bisa Dibuat Jadi Sabun Antibakteri

    Redaksi
    Kamis, 28 November 2019, 07.55.00 WIB Last Updated 2019-11-28T00:55:52Z
      Ternyata sereh dan Kulit Jeruk Bisa Dibuat Jadi Sabun Antibakteri

    SOLODAILY.ID ■ Tanaman sereh banyak dijumpai di berbagai tempat dan hanya digunakan untuk bumbu masak atau minuman. Banyak yang belum mengetahui, sereh dapat memberikan efek antibakteri.

    Karena itu Tim Fakutas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mencoba mengedukasi masyarakat Desa Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman mengenai manfaat dan olahan sereh.

    "Kami juga mencoba memadukan sereh dan limbah kulit jeruk sunkist yang juga mengandung banyak manfaat," tutur Widyasari Putranti MSc Apt.

    Ia bersama teman satu tim, Siti Fatmawati Fatimah MSc Apt dan Citra Ariani Edityaningrum MSi Apt melakukan penelitian dan memanfaatkan limbah kulit jeruk sunkist plus sereh yang dapat digunakan sebagai scrub wajah dan dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak di kulit sehingga terasa lebih halus dan lembut.

    Mereka mengolah kedua bahan tersebut menjadi sabun batang bersifat alami tanpa sintetik. Proses pembuatannya sederhana dan mudah. Tim bekerja sama dengan mitra Nasiatul Aisyah Cabang Pakem, Remaja Putri Akrap Padasan Pakem serta Panti Asuhan Sinar Melati.

    Sebelumnya mereka berdiskusi terkait kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan. Akhirnya muncul gagasan membuat sabun batang dengan bahan dasar sereh dan limbah kulit jeruk.

    "Sebelum memulai proses pelatihan, kami memberi soal untuk pretes kepada peserta untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka mengenai manfaat sereh dan limbah kulit jeruk," ujar Widyasari.

    Setelah itu, peserta dibagi menjadi dua yakni Kelompok Toga Sereh dan Kelompok Limbah Kulit Jeruk. Mereka berlatih proses pembuatan sabun batang yang menggunakan cold process, proses mencampurkan minyak dengan soda api. Proses pencampuran selesai setelah mencapai tingkat kekentalan tertentu.

    Cold process hanya kurang dari lima menit dan sabun sudah jadi. Tetapi proses menunggu keluar dari cetakan memakan waktu dua hari dan proses penjemuran untuk menghilangkan kaustik soda api berkisar empat hingga enam minggu. Warga dapat memanfaatkan sabun antibakteri ini untuk keperluan sendiri atau dijual. (sumber:SM)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini